Rabu, 09 November 2011

Resep obat herbal untuk KOLESTROL

 

 Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang secara alami diproduksi oleh tubuh untuk membentuk membran sel. Kolesterol merupakan kombinasi lipid (lemak) dan steroid.  80% kolesterol tubuh yang diproduksi oleh hati dan 20% sisanya berasal dari makanan yang kita makan. Makanan yang banyak kolesterol terutama banyak ditemukan pada lemak dari hewan, jeroan, kuning telur , santan, kerang/tiram, produk susu, mentega, dll. Kolesterol yang berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat. Kolesterol makanan diserap dari usus dan disimpan dalam hati. Hati mampu mengatur kadar kolesterol dalam aliran darah dan dapat mengeluarkan kolesterol jika diperlukan oleh tubuh. Kolesterol tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat dikirim ke seluruh tubuh perlu dikemas bersama protein menjadi partikel yang disebut Lipoprotein, yang dapat dianggap sebagai 'pembawa' (carrier) kolesterol dalam darah.
Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) Jenis kolesterol ini berbahaya sehingga sering disebut juga sebagai kolesterol jahat. Kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) tidak berbahaya karena dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati, untuk diproses dan dibuang. HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses Aterosklerosis (terbentuknya sumbatan pada dinding pembuluh darah).
Kolesterol LDL yang berlebihan dapat mengendap pada dinding pembuluh darah yang akan mengakibatkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah, atau disebut dengan aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah). Bila penyempitan dan pengerasan ini cukup berat, maka suplai darah ke otot jantung tidak cukup jumlahnya, dan timbullah rasa sakit atau nyeri dada yang disebut sebagai angina dan bila berlanjut akan menyebabkan kematian jaringan otot jantung yang disebut Infark miokard dan Jika ini menyebar luas, maka akan menyebabkan kondisi yang disebut gagal jantung (heart failure). Jika sumbatan ini menyerang pembuluh darah otak, maka akan terjadi stroke. Di sinilah kolesterol (khususnya LDL) berperan negatif terhadap kesehatan dan harus selalu dikontrol. Beberapa obat herbal untuk membantu menurunkan kolesterol jahat


Resep Tanaman obat herbal kolesterol 1:
Daun Salam (Syzigium polyanthii folium)
Rebus daun salam bersama laos lalu minum air rebusan tersebut.
herbal daun salam secara tradisional dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan diabetes. daun salam mengandung flavonoid dan tanin sebagai zat yang mampu menurunkankan kolesterol. Dapat pula menurunkan kadar gula dalam darah.

Resep Obat herbal kolesterol 2 :
Laos mengandung minyak atsiri untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dan proses pengeluaran sisa metabolisme termasuk kolesterol yang berlebih.

Resep Obat tradisional kolesterol 3 :
Bawang merah
Iris bawang merah sebanyak 20 gram, makan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari

Resep Obat herbal kolesterol 4 :
Sambiloto
Tanaman pahit ini dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Caranya rebus 20 gram sambiloto kering dengan 3 gelas air sampai menghasilkan 1 gelas air. Minum setelah makan.

Resep Obat  tradisional kolesterol 5 :
Kunyit
Iris tipis kunyit, rebus dengan 2 gelas air hingga menghasilkan 1 gelas. Saring dan minum 3 kali sehari.

Resep Obat  tradisional kolesterol 6 :
Belimbing wuluh
Rebus daun belimbing wuluh dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Saring dan minum 3 kali sehari.
Selesai sarapan dan makan malam, jangan lupa untuk memakan sebuah belimbing ukuran besar. Ini juga bermanfaat



Herbal Kolesterol dari Ekstrak Averrhoa Bilimbi hasil karya peneliti-peneliti ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMMENT